BerandaPolitikSempat Tertunda, Mendagri Akan Lantik Bupati dan Wabup Supiori Terpilih

Sempat Tertunda, Mendagri Akan Lantik Bupati dan Wabup Supiori Terpilih

JAKARTA, JAGAMELANESIA.COM – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, akan melantik secara langsung bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Supiori, Yan Imbab dan Nichodemus Ronsumbre. Meski sempat tertunda, pelantikan akan tetap dilaksanakan dalam waktu dekat di Papua. Hal itu disampaikan oleh Yan Imbab, Bupati terpilih Kabupaten Supiori pada Rabu (26/5) di Jakarta.

“Bupati Supiori tetap akan dilantik dalam beberapa hari ke depan dan yang melantik adalah bapak Menteri Dalam Negeri sendiri,” terangnya.

Yan Imbab menyampaikan bahwa keterangan tersebut diperoleh saat dirinya menemui secara langsung Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik di Jakarta. Menurut Yan Imbab, Akmal Malik menjelaskan bahwa Mendagri dapat melantik bupati dan wakil bupati dalam kondisi dimana gubernur dan wakil gubernur berhalangan untuk melaksanakan pelantikan.

“Ketika bapak Menteri Dalam Negeri melantik bupati dan wakil bupati Supiori maka untuk pertama kalinya di Rapublik Indonesia ini, seorang bupati dan wakil bupati dilantik oleh Menteri Dalam Negeri,” ujarnya.

Lebih lanjut, Imbab menyampaikan bahwa saat ini pihaknya tengah menunggu surat resmi dari Sekda Papua terkait dengan pelantikan bupati dan wakil bupati Supiori. Ia berharap surat dapat diterima segera agar proses pelantikan dapat segera dilaksanakan.

“Sementara kita menunggu surat dari Sekda Papua dimana inti surat itu adalah meminta kepada Menteri Dalam Negeri untuk bersedia melantik bupati dan wakil bupati Supiori. Semoga dalam satau atau dua hari ini surat sudah sampai di Jakarta sehingga jadwal seterusnya bisa segera diatur,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengimbau kepada masyarakat Supiori untuk tidak terprovokasi isu yang beredar. Ia memastikan bahwa pelantikan dirinya bersama Ronsumbre akan tetap berjalan.

“Tidak perlu beropini, bahwa pelantikan pasti akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan. Tidak ada bupati yang dilantik kecuali pak Imbab dan pak Ronsumbre,” tutupnya.

Sebelumnya, pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Supiori, Yan Imbab dan Nichodemus Ronsumbre telah dijadwalkan pada Selasa (25/5) kemarin tertunda. Hal itu dikarenakan Papua tengah berduka atas meninggalnya wakil gubernur Papua, Klemen Tinal, yang seyogyanya bertugas melantik bupati dan wakil bupati Supiori. (UWR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru