Beranda Kawasan Pasifik Varian Omicron Sudah Masuk Papua Nugini, Masyarakat Diminta Waspada

Varian Omicron Sudah Masuk Papua Nugini, Masyarakat Diminta Waspada

Varian virus Corona virus Corona varian B.1.1.529 atau Omicron dilaporkan telah menyebar di sejumlah negara di dunia dalam beberapa waktu terakhir. Varian Omicron kini juga telah memasuki negara tetangga Indonesia bagian timur, Papua Nugini.

Meskipun demikian, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi menyampaikan varian Omicron belum masuk ke wilayah Indonesia.

“Varian Omicron belum masuk ke Indonesia,” ujar Nadia, dikutip dari Bisnis.com, Rabu (1/12/2021).

Selain itu, hingga kini Arab Saudi juga telah mengonfirmasi kasus pertama varian Omicron Covid-19 yang berasal dari negara Afrika utara. Berita tersebut dilaporkan oleh kantor berita negara Saudi Press Agency (SPA) Rabu (1/12).

Sebelumnya, Nadia menyampaikan bahwa hingga 1 Desember 2021, terdapat 23 negara yang telah melaporkan adanya varian Omicron. Menurutnya, jumlah ini diprediksi akan terus bertambah. Ia mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir berlebihan dan meningkatkan kewaspadaan dengan tetap tertib menerapkan protokol kesehatan serta mengikuti vaksinasi Covid-19.

“Kami juga ingin menyampaikan saat ini kita telah memiliki kapasitas dan sistem deteksi varian Covid-19 yang sudah terbentuk mulai dari level nasional sampai dengan daerah untuk memantau varian-varian baru,” ujarnya dikutip dari kanal YouTube FMB9ID_IKP, Rabu (1/12/2021).

Diketahui 23 negara yang melaporkan infeksi varian Omicron antara 1. Afrika Selatan 2. Botswana 3. Belanda 4. Inggris 5. Israel 6. Kanada 7. Hong Kong 8. Australia 9. Denmark 10. Austria 11. Italia 12. Belgia 13. Republik Ceko 14. Jerman 15. Perancis 16. Swiss 17. Portugal 18. Brasil 19. Jepang 20. Pulau Reunion (Perancis) 21. Swedia 22. Spanyol 23. Finlandia. (UWR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru