BerandaDaerahErdi-Jhon Resmi Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Yalimo

Erdi-Jhon Resmi Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Yalimo

YALIMO, JAGAMELANESIA.COM – Erdi Dhabi dan Jhon Wilil telah resmi ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih Yalimo oleh KPU Kabupaten Yalimo. Ketua KPU Yalimo, Yehemia Walliangen menyampaikan pasangan Erdi-Jhon berhasil memperoleh suara terbanyak yaitu 47.781 suara atau 52,6 persen dari keseluruhan suara sah pada Pilkada 2020. Sementara itu, pasangan Lakius-Nahum meraih hasil akhir 43.053 suara.

Hasil perolehan suara tersebut merupakan hasil akhir berupa akumulasi perolehan suara hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan perolehan suara TPS yang tidak dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Sedangkan perolehan suara hasil PSU 30 TPS di Distrik Apalapsili dan 76 TPS di Distrik Welarek, Erdi-Jhon meraih 11.005 suara sementara Lakius-Nahum meraih sebanyak 18.118 suara.

“Hasil penetapan pasangan calon terpilih tersebut akan diserahkan kepada DPRD Kabupaten Yalimo untuk selanjutnya ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih, serta ditindaklanjuti secara berjenjang hingga proses pelantikan,” ujarnya dalam siaran pers pada Rabu (19/5).

Menurut Yehemia, pelaksanaan PSU Kabupaten Yalimo berjalan sebagaimana amar putusan MK. Ia mengatakan seluruh tahapan PSU berjalan aman dan lancar serta dilaksanakan dengan pemilihan secara langsung. Hal itu dikarenakan pelaksanaan Pilkada Yalimo tidak menggunakan sistem Noken.

“Semua sudah ikuti sama-sama, pemilihan dilakukan secara langsung. Jadi saya sampaikan jika ada hal-hal yang terjadi tentu akan diperbaiki,” jelasnya. (UWR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru