BerandaKawasan PasifikJokowi Sebut Indonesia Akan Segera Perbaiki RS dan Sekolah Hingga Peningkatan Beasiswa...

Jokowi Sebut Indonesia Akan Segera Perbaiki RS dan Sekolah Hingga Peningkatan Beasiswa Pelajar Papua Nugini

JAGAMELANESIA.COM – Pertemuan Presiden RI Joko Widodo dengan Perdana Menteri (PM) Papua Nugini (PNG), James Marape di APEC Haus, Rabu (5/7/2023) menghasilkan sejumlah kesepakatan maupun kerjasama.

Diantaranya, Presiden Jokowi menyampaikan Indonesia siap melakukan pembangunan rumah sakit (RS) hingga sekolah di Papua Nugini (PNG), termasuk peningkatan beasiswa pelajar negara tetangga Papua itu.

“Indonesia juga akan segera mulai renovasi fasilitas Rumah Sakit Port Moresby, pembangunan Posko damkar, pengelolaan sampah di Vanimo, pembangunan sekolah di Wutung, dan peningkatan beasiswa pelajar PNG,” ujar Jokowi dalam keterangan resminya, Rabu (5/7/2023).

Pertemuan itu juga menghasilkan kesepakatan untuk menyusun peta jalan kerja sama pembangunan dalam 5 tahun mendatang. Dalam kesempatan ini, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga menekankan pentingnya peningkatan hubungan kerjasama di bidang perdagangan antara Indonesia-PNG.

“Ini perlu terus ditingkatkan dengan mendorong kelanjutan pembahasan PTA (preferential trade agreement), pembentukan Business Council, kunjungan misi dagang dan investasi, partisipasi BUMN Indonesia dalam pembangunan jalan raya di PNG,” jelasnya.

Sejumlah kebijakan dan pembukaan aktivitas di perbatasan juga disepakati untuk dijalankan, seperti pembukaan rute pelayaran PNG Express, pembukaan rute terbang Denpasar-Port Moresby, ratifikasi Basic Agreement on Border Arrangement, hingga pembukaan kembali pos lintas Skouw-Wutung.

Usai lawatan ke Papua Nugini ini, Presiden Jokowi bergerak menuju Papua. Hari ini, 6 Juli 2023, Jokowi menghadiri peresmian Bandara Ewer di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan.

Jokowi berharap keberadaan bandara ini sangat penting untuk membangun konektivitas antar kabupaten, provinsi, maupun pulau dan akan mempercepat mobilitas orang serta barang, serta akan membuka isolasi dan mempercepat pengiriman logistik.

“Kami ingin dengan selesainya Bandara Ewer ini, Asmat akan semakin berkembang dan maju. Dan kami harapkan ekonomi di Kabupaten Asmat, Papua Selatan secara umum akan semakin baik dan meningkat,” kata Jokowi. 

Selanjutnya, Presiden Jokowi akan melanjutkan kunjungannya menuju Kabupaten Jayapura dan kemudian berlanjut ke Kabupaten Keroom. Di kabupaten ini, Presiden Jokowi diagendakan untuk meninjau ladang jagung di kawasan food estate, Wambes, Mannem. Pengembangan kawasan ini ditargetkan dapat menunjang ketahanan pangan di Kabupaten Keerom dan daerah sekitarnya. (UWR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru